Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

https://www.uhamka.ac.id/reg

Entrepreneur University, Apa Ukurannya? (Bag 1)

Entrepreneur University, Apa Ukurannya? (Bag 1) Entrepreneur University, Apa Ukurannya? (Bag 1) Oleh : Nandi Nanti | Minggu, 07 Januari 201...

Entrepreneur University, Apa Ukurannya? (Bag 1)

Entrepreneur University, Apa Ukurannya? (Bag 1)

Oleh : Nandi Nanti | Minggu, 07 Januari 2018 - 09:43 WIB

GITA Erasmus (President University) - foto Dok INDUSTRY.co.id
GITA Erasmus (President University) - foto Dok INDUSTRY.co.id

INDUSTRY.co.id -Cikarang, Banyak perguruan tinggi (PT) di Indonesia yang mengklaim institusinya sebagai Entrepreneur University.

Namun, kalau ditanya apa ukurannya, jawabannya kerap kali tak terlalu jelas. Salah satu indikator yang paling sering diajukan adalah banyaknya lulusan yang menjadi wirausahawan. Berapa banyak?

Jika merujuk beberapa PT di luar negeri, jumlahnya lumayan banyak. Mengutip data Financial Times (2015), ada 46% alumni MBA dari Babson College di Amerika Serikat (AS) yang begitu lulus langsung membuka usaha sendiri.

Angka ini melonjak hampir tiga kali lipat ketimbang tahun 2012 yang hanya 17%.

Potret serupa juga terjadi pada berbagai PT lainnya. Misalnya, di Ipade Business School di Mexico City, Meksiko, sebanyak 46% lulusannya langsung mendirikan startup. Ini berarti tumbuh hampir 70% ketimbang tahun 2012 yang hanya 6%.

Atau di Stanfords Graduate School of Business yang begitu lulus langsung, 34% alumninya (tahun 2012 baru 14%) langsung membuka usaha sendiri.

Begitu pula dengan di Harvard Business School (28% pada 2015 berbanding 6% untuk tahun 2012), Oxford (27% - 10%), MIT Sloan (26% - 8%), London Business School (25% - 5%), dan sejumlah PT lainnya.

Jadi rata-rata lulusan MBA yang langsung mendirikan usaha sendiri sejak tahun 2012 hingga 2015 tumbuh lebih dari tiga kali lipat.

Apakah ini ukuran Entrepreneur University? Atau, adakah parameter lain yang bisa digunakan guna mengukur sudah seberapa jauhkah suatu PT mengembangkan potensi untuk melakukan inov asi dan kewirausahaannya?

Untuk menjawab sebagian dari pertanyaan tersebut, University of Gloucestershire (UoG), Inggris, bekerja sama dengan President University (PresUniv) menyelenggarakan workshop yang membahas soal ini.

Topiknya Growing Indonesia a Triangular Approach (GITA). Workshop yang diselenggarakan di Hotel The Cellecton, Cikarang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu itu, melibatkan tujuh PT dari Indonesia dan tiga dari Eropa.

Mereka adalah President University, Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya dan STIE Malangkucecwara, Universitas Negeri Semarang Jawa Tengah; Universitas Ahmad Dahlan dan Universitas Islam Indonesia.

Adapun PT yang berasal dari luar negeri adalah Dublin Institute of Technology (Irlandia), Fachhochschule des Mittelstands (Jerman), dan The University of Innsbruck (Austria).

Dikatakan Adhi Setyo Santoso, Direktur SetSail Biz Accel, sebuah inkubator bisnis di bawah PresUniv, GITA dapat dipergunakan untuk meningkatka n kapasitas mahasiswa, lulusan, dosen dan civitas academica PT dalam mengembangkan Entrepreneurial University.

"Ini penting agar PT dan setiap organisasi mampu menghadapi perubahan-perubahan yang semakin cepat dan disruptif," imbuhnya.

Sementara, Nadine Sulkowski dari UoG mengemukakan bahwa di Indonesia dengan populasi lebih dari 260 juta, sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, dukungan untuk startup masih terfragmentasi.

"Ini memerlukan pendekatan yang lebih terkoordinasi dengan melibatkan dunia pendidikan, pemerintah dan kalangan industri guna membangun kapasitas kewirausahaan," jelasnya.

Lalu bagaimana GITA dapat menjembatani upaya-upaya PT untuk menjadi Entrepreneur University yang sebenarnya, tak hanya sekadar klaim yang tanpa dasar? Ikuti tulisan selanjutnya, (Bag II).

Baca Juga

Bulan Februari, Presiden Jokowi dipastikan Hadir di HPN 2018, di…
50 Wartawan Ikuti Penulisan Buku Pu isi HPN
Casio Luncurkan Dua Model G-SHOCK Edisi Terbatas Hasil Kolaborasi…
Ketum SMSI Berkomunikasi dengan Menkominfo tentang Mitigasi Hoax…
HPN Sumbar 2018 Berikan Anugerah Jurnaslistik Adinegoro

Industri Hari Ini

Kanopi Atap Bedung Bursa Indonesia Rubuh (Foto Ist)

Selasa, 16 Januari 2018 - 14:32 WIB

Ambruknya Selasar BEI, Pemilik Gedung Kurang Pedui K3

Ambruknya selasar gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) yang merupakan simbol tempat berputarnya investasi di Indonesia menunjukkan rendahnya kepedulian pemilik gedung terhadap persoalan kesehatan…

Easypet, Layanan Maskapai Easyjet Untuk Mempermudah Penumpang Mendapatkan Akomodasi He   wan Peliharaan (Foto:independent.co.uk)

Selasa, 16 Januari 2018 - 14:10 WIB

Maskapai Ini, Permudah Wistawan Untuk Pelihara Hewannya Saat Berlibur

Sebagian orang yang memiliki hewan peliharaan akan berpikir kembali jika ingin berlibur. Karena, mereka harus meninggalkan hewan kesayangannya di rumah. Untuk lebih mempermudah, ada sebuah layanan…

Bursa Efek Indonesia (Foto Rizki Meirino)

Selasa, 16 Januari 2018 - 14:09 WIB

Aktivitas BEI Selasa Berlangsung Normal

Aktivitas manajemen Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini (Selasa, 16/1/2018) tetap berlangsung normal menyusul konfirmasi dari pengelola gedung BEI, Cushman and Wakefield.

Presiden Jokowi (Foto : Biro Pers Setpres)

Selasa, 16 Januari 2018 - 13:43 WIB

Presiden Jokowi Minta Pemimpin Daerah Jangan Saling Cemooh

Presiden Joko Widodo meminta para kandidat pemimpin daerah tidak saling mencemooh dan mencela saat pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018.

Bangtan Boys (BTS) Boyband Asal Korea Selatan (Foto:koreatimes)

Selasa, 16 Januari 2018 - 13:40 WIB

BTS, Satu-satunya Artis yang Raih Double Platinum di Jepang!

Siapa yang tidak mengenal boyband ternama asal Korea Selatan, BTS. Boyband yang beranggotakan Park Jimin, Jungkook, V, Suga, Rap Monster, J-Hope dan Jin ini baru saja meraih sertifikat Double…

selengkapnya

Industri Populer

1
Sejumlah Alasan ICW Desak Tarik Bambang Soesatyo dari Ketua DPR
2
Sejumlah Mahasiswa Korban Runtuhnya Selasar Dalam Gedung BEI
3
Marcella Zalianty Tegaskan Rio R eifan Kena Sanksi Organisasi Parfi56
4
Selamat! Kepada Pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2017, Berikut Daftarnya
5
Korban Lantai Roboh di Gedung BEI Mahasiswa dan Karyawan
6
Henny Tetap Akan Nikahi Rio Reifan Sesudah Keluar Penjara
7
Pembelian Rumah DP 0 Persen Why Not?
8
DPD Ragukan Urgensi Pemerintah Impor 500.000 Ton Beras
9
Balkon Lantai 1 tower II Bursa Efek Indonesia (BEI) Roboh
10
Budi Gunawan Dilantik Jadi Wakil Ketua Majelis Pakar Dewan Masjid Indonesia

Magazine

Menyambut Periode Keemasan Industri Perbankan Syariah

Majalah Industry

Desember 2017
Subscribe Scoop Logo < img src="http://ads.industry.co.id/www/delivery/avw.php?zoneid=33&cb=INSERT_RANDOM_NUMBER_HERE&n=aaa69397"/>

LOWONGAN KERJA

OPINI

Ilustrasi Perumahan
Pembelian Rumah DP 0 Persen Why Not?
Ilustrasi Jenis Styrofoam (Foto Ist)
Kemasan Makanan Pakai Styrofoam, Aman?
Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (fokusbisnis.com)
Sebuah Catatan di Awal Tahun
Jaya Suprana. (Foto: IST)
Hoax Positif dan Konstruktif
Jaya Suprana. (Foto: IST)
Kelirumologi Perang
Sumber: Google News | Koranmu Yogyakarta